Target Omzet Obat-obatan Herbal Indonesia Rp 10 Triliun

www.herbawahida.comJAKARTA – Omzet penjualan jamu tahun ini diperkirakan bisa menembus angka Rp 10 triliun atau naik sekitar Rp 1,7 triliun dibandingkan 2009 yang hanya Rp 8,3 triliun. Optimisme menaikkan target itu ditopang sikap kalangan menengah atas yang mulai suka mengonsumsi produk berbasis alam.
Ketua Umum Gabungan Pengusaha (GP) Jamu Indonesia Charles Saerang mengatakan, hingga saat ini terdapat sekitar 300 produk jamu yang beredar di pasar. Namun, yang laku di pasaran hanya sekitar 80 produk. “Selama ini produsen juga memasarkan. Akibatnya tidak fokus, sehingga penjualannya tidak maksimal,” kata Charles yang juga Direktur Utama PT Nyonya Meneer itu.
Untuk realisasi omzet, Charles mengungkapkan bahwa pada kuartal I-2010 telah mencapai Rp 2,25 triliun. Pada kuartal II, Charles memprediksi terjadi kenaikan sebesar 10 persen dari kuartal I.
“Tantangan saat ini memang lebih besar, terutama akibat perdagangan bebas ASEAN-China,” katanya. Menurutnya, produksi jamu dari Tiongkok cukup besar dan masuk melalui jaringan herbal klinik di di daerah-daerah tertentu. (wir/fat)

sumber : jawapos.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: